Ide Desain Konten UMKM Niacakee

Dea Annisa Azzhara

240907500005 

DESAIN KONTEN DIGITAL MARKETING 


Tahap I : Brainstorming 

Tahap pertama dalam membuat desain konten yaitu memilih UMKM. Di sini saya memilih salah satu UMKM bakery yang ada di daerah Makassar, yaitu Niacakee. Niacakee adalah sebuah usaha kuliner yang menjual berbagai macam makanan bakery seperti cinnamon rolls, milky snow bun, bomboloni, donat, dan ada juga minuman seperti thai tea, jasmine tea, es kopi aren, dll. Saya memilih UMKM Niacakee karena usaha ini memiliki ciri khas pada produk kuenya yang lezat, variatif, dan dikemas secara modern sehingga menarik perhatian konsumen. 

Selain itu, Niacakee menggunakan bahan berkualitas dengan cita rasa yang sesuai dengan kebutuhan berbagai kalangan. Keunggulan lainnya, Niacakee dikelola secara profesional dengan pelayanan yang ramah dan sistem pemesanan yang mudah, baik secara online maupun offline.


Tahap II : Akal 

Setelah menentukan UMKM yang akan dipilih, tahap selanjutnya yaitu menggunakan akal untuk memikirkan konsep desain visual dan pesan utama yang akan disampaikan dalam poster Niacakee. Karena produk yang saya pilih yaitu cinnamon rolls, saya memilih warna dasar hijau tosca yang lembut agar memberi kesan manis, segar, dan modern sesuai identitas Niacakee. Saya juga menentukan tata letak gambar produk di bagian tengah agar menjadi fokus utama, serta menambahkan teks ajakan seperti "Buy Now!" untuk menarik perhatian pembeli. 

Selain itu, saya merancang kata-kata promosi yang singkat dan mudah diingat, misalnya "Nikmati lembutnya cinnamon rolls dengan aroma kayu manis yang harum, manis pas dan bikin nagih," agar pesan terasa menggugah selera. 


Tahap III : Tangan 

Setelah konsep visual dan pesan utama ditentukan, tahap berikutnya adalah membuat sketsa kasar tata letak poster Niacakee di atas kertas. Sketsa ini berisi susunan elemen-elemen penting seperti posisi logo merek, nama produk, gambar produk, deskripsi singkat, ikon-ikon media sosial, elemen dekoratif, dan CTA (Call To Action). Dengan membuat beberapa variasi sketsa (seperti Sketsa 1-7), saya bisa membandingkan komposisi mana yang paling sesuai untuk mempromosikan produk Niacakee. Sketsa kasar ini membantu saya memvisualisasikan desain sebelum dipindahkan ke komputer sehingga hasil akhirnya lebih terarah.



Tahap IV : Alat Gambar 

Pada tahap ini, saya menggunakan alat gambar manual seperti pensil, penggaris, dan kertas HVS untuk menuangkan ide desain. Alat gambar ini digunakan untuk membuat sketsa awal poster produk Cinnamon Rolls dari Niacakee secara detail. Dengan pensil, saya bisa menggambar logo, kotak kemasan kue, teks deskripsi, ikon media sosial, hingga elemen Call To Action. Tahap ini penting untuk memvisualisasikan ide sebelum diproses ke tahap digital.


Tahap V : Komputer

Tahap ini merupakan proses digitalisasi dari sketsa yang sudah dibuat. Desain yang sebelumnya digambar manual, kemudian dipindahkan dan diolah menggunakan komputer. Pada tahap ini, saya memakai software desain grafis yaitu Canva untuk merapikan tata letak, mengatur warna, menambahkan tipografi, ikon, serta elemen pendukung lainnya. 

Berikut adalah Colour Palette dan Font yang saya gunakan:

Colour Palette:

#377671

- #45afa8

Font:

- Judul : Baloo

- Deskripsi singkat : Crimson Roman

- CTA : Bricolage Grotesque

- Sosial Media : Canva Sans 

RESULT



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama